Senin, 16 Agustus 2010

Rasa memiliki

Hi.

Baru aja baca tulisan tentang masalah dengan negeri tetangga. Kecil-kecilan sih tapi sering terjadi. Kecil-kecilan sih tapi tetep bikin emosi. Kecil-kecilan sih tapi ini menyangkut harga diri. Rasanya gemes banget liat yang seseorang yang di atas masih kalem aja menyikapi ini.

Ya gw tau semuanya harus disikapi dengan kepala dingin. Tapi berkepala dingin bukan berarti diem aja kan kalo sesuatu yang kita miliki diganggu sama pihak lain? Bukannya itu bagian dari rasa memiliki ya?

Contoh, gw punya ade. Gw sayang banget sama dia. Suatu hari gw jalan sama ade gw itu. Terus dia di gangguin sama orang lain, bisa gw kenal bisa nggak gw kenal tapi yg pasti ade gw itu merasa nggak nyaman sama gangguan itu. Apa yang bakal gw lakuin? Diem aja mengatas namakan kepala dingin atau melakukan sesuatu?

Melakukan sesuatu disini bukan berarti dan selalu berarti melakukan sesuatu yang sifatnya anarkis dan emosional. Kalo gw sampe nyamperin tu orang buat nonjok atau melakukan hal apapun yang kurang lebih kayak gitu berarti gw anarkis dan malah meyakinkan semua orang bahwa gw nggak jauh beda kadar ke-gengges-annya sama orang yang gangguin itu. Inget,sikap anarkis hanya menunjukkan seberapa cetek tingkat pendidikan kita.

Gw bisa aja samperin tu orang dan tanya with all my respect,apa maksudnya dia kayak gituin ade gw. Kalo dia tanya siapa gw,ya gw kakaknya ade gw, dan tanya balik, siapa dia merasa berhak ngeganggu orang sampe bikin orang nggak nyaman? Nggak mempan, panggil pihak yang berkepentingan misalnya: sekuriti. Gimana kalo dia nonjok duluan sebelum sekuriti dateng? Tonjok balik.

Gw nggak nonjok duluan kalo dia nggak nonjok. Gw nonjok karena dia nonjok duluan. I just give him the thing tht he already gave me.Not less.Not more.

Gw nggak mau ngajarin prinsip tonjok-tonjokan disini. Gw cuma pingin kasih liat bahwa itu hal paling alami yang bisa gw lakukan untuk melindungi seseorang ataupun sesuatu yang gw sayang. Gw bisa dipastikan melakukan sesuatu untuk itu, nggak bakal cuma diem aja. Karena gw punya rasa memiliki akan apa yang udah tu orang ganggu.

Dont u get the meaning?

Dalam kasus persoalan dengan negeri tetangga ini, gw melihat bahwa si dia yang ada di atas itu kurang greget. Cukup sudah kepala-kepala dingin kita selama ini. Well, at least ambil sikap yang menyatakan "SAYA TIDAK SUKA ANDA MENGGANGGU TERITORI SAYA". Cukup itu. Jadi si pihak yang mengganggu ini sadar bahwa sikapnya itu udah mengganggu orang (kalo memang mereka nggak sadar--yang mana sungguh kecil kemungkinannya). Atau, si pihak pengganggu ini kapok ganggu orang. Ingat, dengan sikap yang mencerminkan bahwa kita well educated people, bukan tindakan anarkis. Kalo didiemin atas nama KEPALA DINGIN ya bakal terus begitu sih menurut gw. Wong dia nggak dapet konsekuensinya juga kok.

Sama kisahnya kayak cewek yang suka digodain. Kalo pacar si cewek belom bersikap, si cewek bakal terus diganggu dan lebih parah lagi mungkin ujungnya diperkosa. Amit-amit. Diperkosa tuh apa sih? Berhubungan sama sesuatu yang sifatnya pemaksaan dan pihak yang dipaksa tidak bisa berbuat apa-apa selain teriak.

Mau berujung kayak gitu karena KEPALA lo TERLALU DINGIN?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar